Komisi II DPR-RI Bersama GJL ,GAMAT-RI DPD Kota Semarang Kawal Permasalahan Sengketa Tanah Di Semarang

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 16:50 WIB
Anggota Komisi II DPR- RI Fraksi PDIP Riyanta soroti persoalan pertanahan atau agraria
Anggota Komisi II DPR- RI Fraksi PDIP Riyanta soroti persoalan pertanahan atau agraria

Kabar4.Com, Semarang, Jawa Tengah - Seusai melakukan kunjungan kerja Panja Pembahasan RUU tentang Provinsi Jawa Tengah dengan Gubernur Jateng Ganjar di Lt 2 Kantor Gubernuran, pada Kamis (16/3), Anggota Komisi II DPR- RI Fraksi PDIP Riyanta soroti persoalan pertanahan atau agraria.

Pasalnya masalah Pertanian menjadi isu strategis yang mendapat perhatian serius dari Pemerintah dan DPR-RI.

Riyanta meminta dalam penyelesaian konlik, sengketa maupun mafia tanah, pemerintah harus tegas dan keras sesuai dengan UU.

Dia akan terus mendorong agar negara jangan sampai kalah dengan mafia tanah.

"Kemudian untuk penyelesaian kasus-kasus konflik pertanahan, sengketa pertanahan, maupun mafia pertanahan itu menjadi tugas konstitusional lembaga perwakilan,” ujar Riyanta.

Menurutnya, Komisi II DPR-RI telah menerima banyak aduan sengketa tanah, termasuk di Jateng dan Kota Semarang.

Komisi II DPR- RI, lanjutnya, memberikan perhatian khusus atas dugaan kejahatan pertanahan di Kota Semarang yang belakangan marak dan sulit terselesaikan.

Riyanta menuturkan, sudah banyak mendapat laporan tentang persoalan dugaan kejahatan tanah atau saat ini lazim disebut mafia tanah di Jateng, khususnya di Kota Semarang.

Komisi II DPR-RI sebagai mitra kerja Kementerian ATR/BPN, akan menjalankan fungsi pengawasan dengan turun langsung ke Semarang..

Kejahatan mafia tanah itu persoalan yang serius, bahkan Presiden Jokowi memberikan atensi khusus. Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga sudah memerintahkan jajarannya di daerah untuk tidak main-main dengan kejahatan pertanahan ini.

"Sekarang kita lihat implementasinya terutama di daerah, kalau masih marak dan tidak terselesaikan maka Komisi II akan bertindak lebih lanjut sesuai fungsinya,” tutur Riyanta.

Legislator PDI Perjuangan ini menambahkan, jika kejahatan pertanahan atau sengketa pertanahan di beberapa wilayah seringkali ada indikasi melibatkan oknum pegawai internal BPN dan pihak ketiga yang punya kepentingan.

“Saya sebagai anggota Komisi II DPR- RI siap untuk menjalankan fungsi pengawasan.," tegasnya.

"Kalau ada aparat di daerah yang terindikasi terlibat dalam kejahatan mafia tanah ini laporkan ke saya,"pintanya.

Halaman:

Editor: Sofyan Hadi

Sumber: Release

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Sintang Laksanakan Natal Oikumene

Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:09 WIB
X